Install Android Studio di Linux

hello guys..! ini postingan pertama saya tentang android. setelah sekian lama mati suri bebarapa tahun belakangan ini :v. Ditulisan kali ini saya ingin membagikan pengalaman cara instal android di sistem operasi linux. Disini penulis menggunakan distribusi linux mint 64-bit, untuk distribusi linux yang lain caranya tidak jauh berbeda.

pertama download dulu android studio disini.
Setelah kita download kita extrak file tadi. di sini saya ekstrak di direktori home.
Buka terminal dan pindah ke directory android-studio/bin/

cd android-studio/bin/
ok guys disitu ada file dengan nama studio.sh. kita jalankan android studionya dengan perintah "./studio.sh" (tanpa tanda kutip).
./studio.sh
selanjutnya akan muncul tampilan seperti yang dibawah ini. kita pilih aja nomor 2.
Untuk berikutnya seperti biasa kita tinggal next next aja
Berikutnya kita pilih tipe standart

upz.. sebelumnya pastikan komputer agan terkoneksi internet dulu. karena disini kita akan mendownload beberapa komponen SDK yang dibutuhkan android studio. tekan next aja jangan ragu :v
Selanjutnya tekan finish
Maka proses download sedang berlangsung. tuggu sabar aja..
tarams.. selamat android studio sudah terinstal di komputer agan. sekarang agan bisa mulai membuat aplikasi android untuk pertama kali.
Sekedar saran dari saya, kalau kita ingin menggunakan android studio di anjurkan agar terkoneksi internet aja terutama kalau kita ambil contoh project dari intenet supaya lebih mudah ketika ada eror yang biasa akan muncul di logcat android studio kita tinggal klik aja buat kita yang baru belajar.
oke sekian dari saya jangan menyerah untuk belajar untuk mengisi waktu jones agan :v.




0 comments:

Post a Comment